Bahwa usaha untuk mencapai tujuan nasional seperti apa yang diamanatkan oleh Undang-Undang 1945 yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan sarana yang menuju kearah itu, terutama hak tiaptiap warga Negara untuk mendapatkan pengajaran merupakan tanggungjawab bersama, yaitu pemerintah dan setiap warga negara. Sebagai bagian dari warga negara yang peduli terhadap tanggungjawab tersebut, maka pada tanggal 8 Juli 2002, didirikan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Musdariyah Kota Cimahi yang bertujuan untuk mewujudkan individu-individu muslim mujahid, mujtahid dan mujadid dalam suatu masyarakat ilmiyah yang Islami di negara republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Bahwa perjalanan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Musdariyah Cimahi sejak berdiri hingga saat ini, telah menunjukan berbagai perkembangan positif yang secara langsung telah mempengaruhi segala langkah untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan awal sejak berdirinya yaitu terbentuk pra sarjana muslim yang capable, acceptable, berwawasan global dan berakhlakul kharimah. Agar tetap berjalan pada cita-cita abadi dan tidak keluar dari maksud, tujuan dan harapan dan memperlancar segala usaha yang bertujuan mencapai sasaran, diperlukan suatu dasar dan landasan kebijakan yang berisi ketentuan-ketentuan pokok yang mengatur fungsi, tugas, kedudukan dan kewenangan serta tatalaksana pengelolaan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Musdariyah Cimahi.

Bahwa STAI Al-Musdariyah Kota Cimahi sebagai perguruan tinggi yang berkedudukan di Cimahi, memiliki tugas tanggung jawab untuk mengembangkan sumberdaya manusia sesuai kebutuhan pembangunan, baik di wilayah Cimahi, Bandung Raya dan Priyangan, dengan mengingat pula kedudukannya sebagai bagian dari masyarakat ilmiah yang bersifat universal.

Bahwa STAI Al-Musdariyah Kota Cimahi sebagai perguruan tinggi yang mandiri, dalam menyelenggarakan fungsi, tugas dan tanggung jawabnya berpedoman pada STATUTA STAI Al-Musdariyah Kota Cimahi.