Tujuan Tujuan Pendidikan Agama Islam

Tujuan Pendidikan Agama Islam

Tujuan pendidikan agama islam yang akan kita bahas kali ini akan membuat kita semakin memahami pentingnya belajar ajaran islam sedari kecil. Pendidikan agama islam seperti pilar yang menjadi penopang untuk kehidupan yang lebih baik. Itulah mengapa pendidikan agama harus diajarkan sejak kecil.

Setiap orang mungkin memiliki tujuannya masing-masing mengapa mereka harus mempelajari pendidikan agama. Namun, apapun tujuannya bukan menjadi masalah, karena memang tujuan hidup manusia berbeda-beda, akan tetapi dengan adanya pendidikan agama kita memiliki pedoman hidup untuk menjadi lebih baik.

Sebelum mempelajari pendidikan agama Islam lebih lanjut, sudah seharusnya kita mengetahui apa tujuannya terlebih dahulu agar semakin memberikan keyakinan pada diri kita bahwa belajar agama itu penting. Jadi, bagi Anda yang ingin belajar tujuan pendidikan agama Islam sangat penting untuk menyimak ketiga ulasan yang dibahas di bawah ini

Tujuan yang Berkaitan dengan Individual

Tujuan pertama adalah tujuan yang berkaitan dengan individual seseorang, jadi setiap manusia pasti memiliki pemikiran yang berbeda-beda mengapa mereka harus belajar agama Islam. Pada dasarnya, belajar adalah kegiatan yang membuat kita dari tidak tahu menjadi tahu dan bisa mengubah perilaku kita menjadi lebih baik.

Tujuan pendidikan agama Islam ini menekankan minat seseorang mengenai kehidupan pribadinya. Bagi beberapa orang yang sudah menyadari bahwa perilakunya jauh dari ajaran agama mungkin dengan sukarela akan mempelajari pendidikan agama Islam untuk mengetahui perilaku seperti apa yang harus dilakukan dan perilaku seperti apa yang harus dijauhi.

Dalam pendidikan agama Islam, sudah dijelaskan bahwa setelah hidup di dunia ini kita akan melanjutkan kehidupan di akhirat. Belajar pendidikan agama Islam menjadi salah satu bekal untuk kita mempersiapkan diri menuju kehidupan akhirat. Hal ini berkaitan dengan tujuan hidup masing – masing orang, itulah mengapa disebut tujuan individual.

Tujuan yang Berkaitan dengan Kehidupan Sosial

Sebagai manusia, kita tidak hanya memiliki kedudukan sebagai makhluk individual, tapi juga makhluk sosial. Tujuan yang satu ini berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat sehingga belajar pendidikan agama Islam dapat membuat masyarakat hidup damai, tenang dan tetap dalam kaidah ajaran agama yang seharusnya.

Dalam pendidikan agama Islam, kita memang diharuskan untuk berbaur dengan masyarakat di sekitar, karena pada dasarnya kita merupakan makhluk sosial yang tidak bisa berdiri sendiri. Kita diharapkan memiliki tingkah laku yang berbudi luhur di tengah masyarakat agar tujuan pendidikan agama Islam tercapai dengan baik.

Berbaur dengan masyarakat memberikan pengalaman dan kemajuan bagi diri kita, termasuk dalam bermasyarakat kita bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan pendidikan agama Islam, kita diharapkan dapat bermanfaat untuk orang – orang yang ada di sekitar dimanapun berada, baik di rumah, tempat kerja dan tempat lainnya.

Tujuan yang Berkaitan dengan Profesi

Tujuan ketiga ini berkaitan dengan profesi seseorang yang memanfaatkan pendidikan agama Islam sebagai ilmu yang harus diamalkan dan disalurkan pada anak didiknya. Setiap orang tentu memiliki ilmu hasil dari belajar dan pengalaman semasa hidupnya yang tentu tidak akan berkurang ilmu itu jika dibagikan dengan orang lain.

Di dalam hidup yang sementara ini, tentu kita harus mempersiapkan diri menuju kehidupan akhirat yang kekal. Belajar pendidikan agama Islam merupakan salah satu langkah untuk memperbanyak bekal kita di akhirat. Oleh karena itu, kita perlu memiliki tujuan pendidikan agama Islam masing – masing sesuai kondisi diri.